Sabtu, 31 Desember 2011

Bingung....


Bismillahirrahmaanirrahim…….

“ Dari waktu ke waktu Anda akan mengalami kebingungan dalam hidup
Itu adalah sesuatu yang normal dan alamiah
Tidak ada yang salah dengan kondisi bingung itu
Anda justru perlu lebih mampu  menikmati dan mensyukuri kondisi bingung itu
Kebingungan adalah sebuah ruang transisi sebelum Anda masuk ke ruamg pemahaman (pencerahan) baru
Jangan bingung dengan kebingungan Anda
Nikmati……”
(Erbe Sentanu)

            Kata-kata di atas adalah ungkapan yang dalam serta penuh dengan makna. Berbicara tentang sebuah masa transisi dari kebingungan menuju pemahaman. Bisa juga di bilang proses… pembelajaran untuk kita.

            Erbe Sentanu juga melanjutkan kata2 di atas tadi dengan kata “Help”. Apa maksudnya? Ya mungkin ketika kita menemukan kebingungan yang teramat sangat yang terjadi dalam kehidupan kita. Maka hal terbaik untuk kita adalah meminta tolong. Kepada siapa? Kepada siapa lagi kalau bukan kepadaNya, Allah.

            Kemudian Erbe Sentanu melanjutkan dengan sebuah analogi yang indah. Dia menulis jika computer saja mempunyai fasilitas tombol Help yang selalu siap kita klik ketika kita menemukan masalah. Maka Allah pun telah memberi tombol Help pada computer hayati kita. Bahkan jauh lebih canggih. Apakah itu? Dia adalah hati. Jika ada sesuatu yang membuat bingung dan ingin Anda ketahui, tanyakan saja kepada diri sendiri melalui hati.

“Istaffti qalbak, mintalah fatwa pada hatimu”
(Muhammad Saw)


            Bagaimana caranya kita bertanya kepada hati? Erbe pun menjelaskan bahwa geserlah gelombang otak Anda ke posisi ikhlas di Alfa atau Theta (dengan bantuan CD Digital Prayer) serta lepaskanlah pertanyaan Anda di sana sambil meminta bantuan pada Allah. Kemudian ikhlaskan pertanyaan Anda, jangan menyiksa diri dengan menantikan jawabannya. Rileks saja, cukup perhatikan saja pikiran-pikiran yang terlintas atau kejadian-kejadian yang terjadi setelah itu. Jika computer mesin dan search engine seperti Yahoo! Maupun Google selalu memberikan jawaban atas apa pun pertanyaan Anda, apalagi computer hayati Anda.

            Alhamdulillahirrabil’alamin…. Bacaan yang sungguh bermanfaat! Khususnya untuk diri sendiri. Apalagi ketika kita memang berada titik terjenuh, titik klimaks dalam menghadapi masalah. Ternyata…. Terkadang malah kita sendiri yang membebankan diri untuk menuntut atau pun tergesa berharap solusi atau pun terpecahkannya masalah yang kita hadapi.

            Astaghfirullah…. Harus memperbanyak kalimat ini. Atas kecerobohan diri kita yang lemah ini, atas ketergesaan kita meminta jawaban atas semua persoalan dan atas semua khilaf kita. Faghfirli ya Rabb….

            Kemudian yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk menikmati setiap detik proses masa transisi kita. Dari kebingungan menuju pemahaman. Yakin bahwa tiap persoalan yang ada tidak di luar kemampuan kita karena Allah akan selalu memberikan jawaban terbaikNya untuk kita. Amin. Insya Allah.
PRITA BISA!!!

            Jadi… ikhlaskan hati untuk menikmatinya… Selamat menikmati!

1 komentar:

  1. penghujung tahun 2011....

    Semoga makin kuat ber mujahadah ya ta!!

    Amiiin. Insya Allah

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Blog Lifelong Learner ini
Untuk mempererat tali silaturrahim, silahkan tinggalkan jejakmu disini agar saya pun bisa berkunjung ke blog anda, salam ^^