Minggu, 04 Maret 2012

Gambar Bebek


Bismillahirrahmaanirrahim…….

“ Bu, ibu bisa gambar bebek ga bu?”

                Pertanyaan itu terlontar polos dari Amalia Fitriah Salsabila, anak didikku di level 2. Waktu itu dia sepertinya sedang berfikir keras untuk menggambar salah satu objek hewan. Setelah bertanya kepada saya, yang dijawab oleh saya

“Coba aja atuh Amel buat dulu gambar bebeknya, nanti kalo ada kesulitan baru ibu bantu ya…..” ujarku sambil memperhatikan anakku sedang membaca jilid Cahayaku di depanku.

Mata Amel langsung mengarah ke atas. Nampaknya sedang berimajinasi dengan pikirannya tentang bebek. Tak lama dia bertanya lagi kepada saya.

“ Bu, kalo bebek itu ada kan ya bu yang makan apel?” Tanya Amel

“Makan apel? Hmm…. Mungkin ada ya nak. Bebeknya biar sehat, banyak makan buah-buahan. Hehe….” Jawabku sambil tertawa kecil pada Amel, yang disambut senyum pula olehnya

                Tahu tidak apa yang saya fikirkan saat itu? Saya kira itulah masa emas anak-anak dalam tahap proses perkembangan kecerdasannya. Meski saya belum tahu teori  jelasnya seperti apa. Tapi akhirnya saya bisa sedikit memahami dan membiarkan prose itu berlangsung. Nikmati waktumu ya nak….

                Tidak selang berapa lama, Amel  bertanya pada dirinya sendiri lagi sambil memegang pensil yang diketuk-ketukkan pelan kea rah kepalanya, tanda lagi berfikir. Hihi…

“Gimana yah caranya gambar bebek yang bisa terbang???” tanyanya pada dirinya sendiri.

Kemudian dia berujar lagi….. “ Aha! Aku tahu deh….” Ujarnya senang sambil langsung mengarahkan pensilnya ke media yang sudah menuangkan segala imajinasi di alur fikirannya.

                Melihatnya berhasil mendapatkan momen “Aha”, Alhamdulillah… ada bahagia yang tak terkira. Dua hari kemudian, saya tanya lagi tuh sama Amel perihal gambar bebeknya kemarin . Dia tersenyum dan langsung menyerahkan gambarnya untuk saya sambil berujar…

“Ini gambar bebeknya buat Ibu….. Maaf ya bu kalo jelek, Amel lagi belajar gambar bagus” ujar Amel sambil tersenyum

Saya pun menjawab sambil menahan haru, “Ya makasih ya nak, ini juga sudah hebat nak! Gambarnya bagus, nanti gambar yang lain lagi ya sayang…” ujarku sambil mengelus kepalanya dan tersenyum.


1 komentar:

  1. Terima kasih ya Allah....
    (^^)
    Amel, makasih ya nak.. Ibu banyak belajar dari

    amel dan teman2 semua. Nanti ibu mau tanya alasan

    kamu kenapa ingin gambar bebek yah...

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Blog Lifelong Learner ini
Untuk mempererat tali silaturrahim, silahkan tinggalkan jejakmu disini agar saya pun bisa berkunjung ke blog anda, salam ^^