Minggu, 01 Januari 2012

Ternate and Tidore island


Bismillahirrahmaanirrahim……

The Entrancement of Ternate Island
Ternate. Pada awalnya saya hanya tahu bahwa pulau itu adalah tempat tinggal paman saya. Beliau terpisahkan jauh dari paman2 saya yang lainnya. Yang kesemuanya masih tinggal satu pulau dengan saya di Jawa. Tetapi paradigm saya berubah ketika Allah mengizinkan ayah suatu waktu untuk bisa sampai di sana, pulau Ternate. Waaaw…..



Emangnya saya ga pengen gitu kesana? Pengen banget lah. Setelah ayah membawa pulang oleh2 foto-fotonya ketika beliau ada di Ternate. Saya berdecak kagum seraya memujiNya, Subhanallah… indah!

Sunset in Tidore Island
Ternyata tidak hanya sekedar pulau biasa. Dan pesona gambar yang ada di salah satu pecahan uang Indonesia pun nampak di belakang ayah. Itu Tidore. Dan dari google saya copy tentang Ternate dan Tidore…


            


Ternate dan Tidore adalah dua pulau kecil yang hampir sama, di sebelah barat adalah pulau besar Halmahera, yang hampir berhadapan satu sama lain, masing-masing dibentuk oleh gunung berapi yang muncul dari Laut Maluku yang dalam. Sedangkan Ternate didominasi oleh Gunung Gamalama, di Tidore.

Saat ini, kota Ternate adalah ibu kota provinsi Maluku Utara, rumah bagi dua pertiga dari penduduk pulau, yang umumnya beragama Muslim. Di sini, Anda dapat mengunjungi peninggalan sejarah dan menyaksikan tradisi budaya lokal. Kota ini merupakan pusat dan basis modern untuk kegiatan perdagangan pulau. Kota Ini memiliki pusat bisnis, wisata sejarah, jaringan transportasi, dan jasa pariwisata. Kota ini juga sedang dalam pembangunan kerusakan struktural selama konflik 1999 antara Muslim dan Kristen. Sebaliknya Tidore dipenuhi dengan desa-desa kecil di sekitar pulau.

What does it mean ya???
 Ada suatu foto yang bikin saya penasaran deh. Saya dapet foto itu dari google dan apa ya kira2 rahasianya? Gambar nya seperti di ambil di salah satu puncak bukit atau gunung yang ada di pulau Ternate (mungkin). Semoga waktuNya mengantarkan agar tahu tentang gambar ini. Sabar sabar…. Insya Allah ada waktunya ta kamu tahu! Hehehe.

Dan foto ini sepertinya tempat ayah naik sampan bersama Ka Hendra, kakak sepupu saya yang tinggal di sana. Ayah juga cerita banyak hal tentang pesona pulau Ternate. Kebeningan lautnya yang tidak ayah temukan di Jawa, naik sampan, naik boat ke Tidore, orang-orangnya, masyarakatnya, makanannya, katanya ayah pernah disuguhi ikan kerapu dengan bumbu khas daerah sana oleh Ka Hendra. Apa namanya tuh? Sebutannya lupa! Pokoknya lucu aja namanya. 

Asyik ya bisa nge bolang ke tempat2 lain yang ada di Indonesia. Asyik ya bisa banyak bercerita tentang ke khas an masing-masing pulau yang ada di dunia, khususnya Indonesia. Ternate dan Tidore, 2 pulau yang begitu menarik hati saya untuk bisa mengunjunginya satu waktu. Jika Allah mengizinkannya….  Melihat langsung pesona ciptaanNya. Merasakan naik sampan, snorkeling, melihat dasar laut yang bening, melihat senja (romantiiis), melihat ikan2 berenang dengan tenangnya, diving.  Wiiih… pengen banget!!!

Sunset in Tidore Island....
Foto yang paling saya senangi adalah foto pulau Ternate yang paling atas dan foto dermaga di Tidore ini. Lagi sunset. Indah Ya? Apalagi lihatnya bareng mujahid saya. Hehe. Affirmasi nih yee. Amin. Insya Allah. 

Ternate…. Tidore… Insya Allah, perputaran waktuNya akan menyediakan diri saya untuk bisa langsung ada di sana. Entah kapan waktuNya, entah dengan siapa, entah dengan tujuan apa, entah dan entah. Dengan segala kelemahan diri ini…. tapi saya yakin saya bisa ke sana. Suatu saat ada hal yang bisa mengharuskan saya berada di sana. Ternate…. Tidore…. Insya Allah. Amin


# Masih menjadi rahasiaNya….entah kapan dan siapa yang membawaku ke pulau2 ini….Bawa aku dan kita bersama mentadaburi alam… memahami maknaNya yang tersirat pada alam… Insya Allah. Amiiin





3 komentar:

  1. wah... makasih banyak ya bang. Udah follow duluan. Saya udah mampir di blognya. Bagus, menginspirasi. Semoga tetap berkarya!

    BalasHapus
  2. # Masih menjadi rahasiaNya….entah kapan dan siapa yang membawaku ke pulau2 ini….Bawa aku dan kita bersama mentadaburi alam… memahami maknaNya yang tersirat pada alam… Insya Allah. Amiiin


    doa dan mimpi itu insyaallah terkabulkan oleh allah melalui seseorang .


    kalau boleh tau, orang mana ya ??
    #karena yang ditulis diatas itu kampung halaman saya.
    moga jodoh;a orang dari sana.
    heeheehehe

    BalasHapus
  3. kata2 "do'a dan mimpi itun Insya Allah terkabulkan oleh Allah melalui seseorang..." itu kata2 saya atau kata-kata kamu ya?

    hehe. jadi bingung.

    Ga tau, saya juga masih dalam buram. siapa yang membawa saya atau karena hal apa saya bisa di sana. Insya Allah. Allah yang lebih Mengetahui.

    Makasih untuk do'anya serta komennya ya. (^^).

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Blog Lifelong Learner ini
Untuk mempererat tali silaturrahim, silahkan tinggalkan jejakmu disini agar saya pun bisa berkunjung ke blog anda, salam ^^